Panduan Membuat Kandang Kelinci Yang Baik

Posted by Budidaya Ternak Monday, December 24, 2012 0 komentar
Panduan Membuat Kandang Kelinci Yang Baik
Sukses Budidaya Kelinci - Kandang yang nyaman menjadi hal penting dalam mengembangkan kelinci. Kandang dengan sirkulasi udara yang bagus, alas pijakan yang kuat dan dengan kerapatan yang telah diatur sehingga kotoran kelinci bisa dengan mudah jatuh ke bawah. Bahan yang tahan lama, serta mampu menekan ongkos produksi kandang itu sendiri.

Untuk ukuran kandang sendiri disesuaikan dengan besar kelinci yang akan menempati kandang tersebut. Tanpa mengurangi ruang gerak kelinci namun juga tidak menghabiskan ruang di kandang utama. Perlu dipertimbangkan ukuran kandang yang luas mengingat peruntukan kandang tersebut. Secara garis besar menurut kami, kandang bisa dibagi menjadi 3, yaitu kandang indukan ukuran besar karena sebagai tempat beranak yang di dalamnya akan terdapat nestbox, kandang anakan lepas sapih dan kandang pejantan yang digunakan untuk pengawinan kelinci.

Namun di kandang kami, kita hanya membuat kandang ukuran standart yang mana bisa untuk ketiga tipe kelinci di atas. Kandang dengan ukuran p x l x t, 70-80 cm meter ke belakang, ukuran lebar ke samping 50 cm-60 cm dan tinggi 50 cm sudah cukup luas untuk indukan kelinci jenis rex. Bisa juga membuat kandang yang lebih besar per plong mundur ke belakang 60-70 cm, lebar ke samping 100 cm – 120 cm dan tinggi 70 cm jika anda hendak memelihara jenis kelinci Flamish Giant dengan bobot kisaran 6 Kg.

Bahan membuat kandang kelinci bisa dari kawat galvanis, kawat loket yang sudah dilapisi dengan cat, kayu dan bamboo hal itu tergantung anggaran para peternak sendiri. Namun untuk investasi jangka panjang kandang galvanis dengan alas bambu lebih bisa bertahan lama. Karena jika terbuat kayu, kandang keropos karena umur / kotoran kelinci atau pun bisa juga karena dikerat oleh kelinci tersebut.

Bermain dari kandang ke kandang peternak lain sebelum membuat / membeli / memesan kandang kelinci dalam ukuran besar sangat disarankan. Hal ini akan menambah wawasan tentang desain kandang kelinci yang bagus dalam hal ekonomis dan nyaman untuk kelinci.

Di kandang peternak sendiri, kandang terbuat dari kayu, bambu dan kawat saringan / loket 1 cm dengan ukuran 60 cm x 70 cm x 50 cm dan jarak kaki dari tanah 50 cm.

Bagian Atas penutup dan bawah untuk alas kandang kelinci terbuat dari bambu sedangkan untuk samping dan sekat antar kandang kami menggunakan kawat tiket 1 cm. Simple dan sederhana tapi menurut saya sudah lumayan bagus untuk kelinci kami.

Sumber Pustaka
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment